Alat dan Bahan Melukis dengan Cat Minyak

  • Whatsapp
alat dan bahan melukis dengan cat minyak
Belajar melukis dengan cat minyak perlu mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk kegiatan melukis ini. Beberapa alat dan bahan yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan hasil yang baik dalam melukis dengan cat minyak adalah sebagai berikut.
a. Cat Minyak
Cat minyak merupakan zat warna yang penggunaannya dilakukan dengan cara menggabungkan dengan minyak pengering atau semi pengering. Secara tradisional cat minyak yang digunakan adalah minyak biji rami, minyak opium, minyak safflower dan minyak kedelai. Beberapa merk cat minyak yang digunakan biasanya adalah merk “Artist“, “Winton“, “Marries“, “Griffin” dll. Bahan-bahan yang digunakan sebagai pelarut, pengencer, dan pernis yang digunakan untuk melukis dengan cat minyak diantaranya adalah.
  • Minyak biji jerami (untuk memberikan kesan halus, transparansi warna dan menghilangkan kesan efek sapuan kuas)
  • Terpentin sulingan, Spirtus putih, Sansodor, dan Liquin (pengencer atau thiner)
  • Pernis (melindungi permukaan lukisan)

b. Kanvas Berbingkai 
Kanvas yang siap dilukis adalah kanvas yang sudah berbingkai dan sudah diberi cat dasar. Dengan permukaan yang rata dan diregangkan dengan kencang kanvas siap digunakan untuk melukis.
c. Kuas
Jenis-jenis kuas sangat berfariasi dan memiliki fungsi dengan hasil yang berbeda-beda dalam merlukis. Ujung kuas adalah bagian yang paling penting dalam melukis untuk mendapatkan hasil yang baik dan sesuai dengan yang kita harapkan. Jenis-jenis kuas yang biasa digunakan dalam melukis diantaranya adalah.
Kuas bulu babi
Kuas Bulu Babi
  • Kuas Bulu Babi

Kuas ini adalah kuas yang baik digunakan pada permukaan yang kasar, bertekstur agak kaku namun lebih awet jika dirawat dengan baik.
kuas bulu musang dan kuas sintetis
Kuas Bulu Musang dan Kuas Sintetis
  • Kuas Bulu Musang

Kuas ini cocok digunakan pelukis yang menginginkan hasil yang halus, detail dan tanpa bekas goresan kuas.
  • Kuas Bulu Sintetis

Kuas ini cocok digunakan untuk cat yang berbasis air(cat air), meskipun ada banyak kuas sintetis untuk melukis cat minyak , namun sangat sedikit yang mampu menandingi kuas-kuas cat minyak tradisional.
d. Palet
Penggunaan cat minyak dicampurkan dalam palet. Ada beberapa jenis palet yang biasa digunakan pelukis, diantaranya adalah palet dari bahan lapisan kayu, melamin, dan palet kertas. Setelah selesai digunakan palet harus dibersihkan agar dapat digunakan kembali, kecuali palet kertas yang hanya sekali pakai.
e. Cangkir Celup
Cangkir celup terdiri atas dua wadah dari logam untuk menampung minyak dan pelarut.
Pisau palet
Pisau Palet
f. Pisau Palet/ Pisau Lukis
Pisau ini tersedia dalam berbagai ukuran. Dipakai untuk mengaduk cat minyak pada palet. 
g. Standar
Lukisan cat minyak paling tepat dikerajakan diatas sebuah standar dengan posisi vertikal atau sedikit direbahkan miring. 
h. Bahan-Bahan lain
Alangkah lebih baik dalam melukis dengan cat minyak dipersiapkan juga bahan-bahan lain seperti arang ukuran sedang, kain bersih yang dapat menyerap air, koran bekas untuk mengalasi meja lukis, dan kain perca atau pakaian bekas.
Demikian beberapa alat dan bahan melukis dengan cat minyak yang bisa kalian gunakan sebagai acuan dalam melukis dengan cat minyak. Semoga ulasan ini dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi pembaca. Kembangkan kreatifitas dan bakatmu di bidang seni. Selamat melukis dan terima kasih.

Sumber: www.Senibudayaku.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *