Bentuk Bumi Menurut Ilmu Pengetahuan

  • Whatsapp
Bentuk bumi yang kita diami menurut ilmu geografi adalah bulat seperti bola. Gambar bumi yang setepat-tepatnya ialah bola bumi (globe). Menurut perhitungan para ahli geografi, keliling bumi kurang lebih 40.000 km. Jadi kira-kira jari-jarinya berapa kilometer?
Titik yang paling utara di bola bumi disebut Kutub Utara dan titik yang paling selatan disebut Kutub Selatan. Selain gambar lautan dan negara-negara di dunia, tampak juga di bola bumi tersebut garis-garis yang membujur dari utara ke selatan dan garis yang melintang dari barat ke timur, garis-garis itu disebut garis-garis bujur dan garis-garis lintang.
Gambar Bentuk Bumi Menurut Ilmu Pengetahuan
Bentuk Bumi Bulat (Globe)
Garis yang membagi bola bumi menjadi bagian utara dan selatan yang sama besarnya disebut khatulistiwa. Bagian di sebelah utara itu disebut separuh bola bumi bagian utara dan bagian di sebelah selatan di sebut separuh bola bumi bagian selatan.
Kota-kota di bawah ini terletak di belahan bumi bagian mana?
Jakarta, Menado, Canberra, Tokyo, Peking, Karachi, kinshasa, Moskow, Beograd, London, Boinos Aires, Santiago, Washington, dan Havana?
Khatulistiwa adalah garis lintang nol
Jarak mulai garis nol itu sampai ke kutub utara/kutub selatan masing-masing dibagi menjadi 90 bagian yang sama. Maka jumlah bulatan ialah 90 buah ke arah utara dan 90 buah ke arah selatan.
Garis bujur nol ialah garis yang melalui kota Greenwich dekat kota London. Garis bujur nol membelah bola bumi menjadi 2 bagian yang sama. Masing-masing bagian disebut separuh bola bumi bagian barat dan separuh bola bumi bagian timur.
Berbeda dengan separuh bola bumi bagian utara dan selatan yang masing-masing hanya dibagi oleh garis lintang menjadi 90 bagian yang sama, maka baik separuh bola bumi bagian barat maupun timur masing-masing dibagi oleh garis-garis bujur menjadi 180 buah dari Greenwich ke arah barat dan ke arah timur. Karena bumi berbentuk bola, maka tentu saja garis- garis bujur yang ke 180 tutup-menutupi (berimpit).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *