Kondisi Geografis dan Penduduk Indonesia

  • Whatsapp
Kondisi Geografis dan Penduduk Indonesia

Kondisi Geografis Indonesia
Indonesia memiliki kondisi geografis yang unik, yang membedakan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Bentuk kepulauan merupakan karakteristik dari negara maritim. Dengan jumlah penduduknya yang besar menduduki urutan pertama dengan jumlah penduduk terbesar di Asia Tenggara. Jumlah penduduk ini menjadi modal dasar sebagai sumber daya manusia yang banyak. Letak bujur astronomi Idonesia berpengaruh terhadap pembagian, waktu, iklim, perubahan musim, gerakan angin muson, dan terjadinya musim.
Indonesia terletak diatara garis bujur 95°BT – 141°BT dan 6°LU – 11°LS. Garis bujur dan garis lintang dapat menentukan posisi suatu tempat dipermukaan bumi. Selain letak astronomis masih ada letak lain yang dikenal dengan letak geografis. Letak geografis adalah letak suatu daerah atau negara dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Indonesia memiliki letak geografis yang strategis. dikatakan strategis karena: 

  1. Indonesia terletak antara dua benua, asia dan australia. letak ini menyebabkan Indonesia terjadi dua musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan.
  2. Indonesia terletak diantara dua samudera, yaitu hindia dan pasifik.
  3. Indonesia terletak dijalur lalu-lintas dunia, baik jalur pelayaran maupun penerbangan.
Kondisi Penduduk Indonesia
Kondisi penduduk tidak lepas dari kondisi geografis suatu wilayah. Maka dari itu dengan kondisi geografis wilayah Indonesia yang beranekaragam menyebabkan perbedaan kondisi penduduk yang beranekaragam pula. Penduduk Indonesia memiliki keunikan tersendiri karena terdiri atas berbagai suku, bahasa, agama, dan budaya. Kondisi penduduk dapat ditinjau dari segi ekonomi dan kebudayaannya.
1. Kondisi Ekonomi
Dari segi ekonomi kondisi penduduk berkaitan erat dengan kondisi geografis tempat penduduk itu berada. Dalam usaha memenuhi kebutuhannya penduduk berusaha beradaptasi dengan lingkungannya dan memanfaatkan lingkungannya. Contoh penduduk beradaptasi dengan lingkungannya ialah jika ia tinggal di desa, kegiatan ekonomi yang dapat dilakukan berkaitan dengan kegiatan agraris, seperti bertani dan berladang, atau beternak. jika ia tinggal di kota , kegiatan ekonomi yang dapat dilkukannya ialah berdagang atau bekerja di kantor atau pabrik.

2. Kondisi Kebudayaan
Kebudayaan merupakan hasil olah pikiran manusia, baik yang bersifat abstrak maupun konkret. Dengan demikian, ruang lingkup kebudayaan sangat luas. hasil kebudayaan tampak dalam bidang pemerintahan, hukum, adat-istiadat, agama, kesenian, bahasa, ide gagasan, bentuk rumah dll.
Dengan jumlah suku kurang lebih 370 suku bangsa, Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya budaya. Setiap suku mempunyai hasil kebudayaan sendiri. Kaitan antara kebudayaan dan kondisi geografis yaitu penduduk yang menempati suatu wilayah akan terpengaruh dengan kondisi geografis wilayah tersebut, karena manusia selalu berusaha beradaptasi atau memanfaatkan lingkungannya untuk mempertahankan hidupnya.

3. Persebaran Suku Bangsa
Keragaman suku bangsa yang ada di Indonesia tersebar di 33 Provinsi. Adapun suku bangsa tersebut adalah:
  1. Suku bangsa yang terdapat di pulau Sumatra terdiri dari Suku Aceh, Batak, dan Minangkabau.
  2. Suku bangsa yang terdapat di pulau Jawa terdiri dari suku Betawi, Sunda, Jawa, Madura, Badui, dan suku bangsa yang ada di Bali.
  3.  Suku bangsa di pulau Sulawesi terdiri dari Sulawesi Utara suku Minahasa atau orang Manado; Sulawesi Selatan suku Toraja, Makasar, dan Bugis; Sulawesi Tengah dan Tenggara suku Paleng, Banggai, Tomini, Buton, Bone, dan Mandar.
  4. Suku bangsa yang terdapat di pulau Kalimantan; Kepulauan ini memiliki suku bangsa utama, yaitu suku Dayak.
  5. Suku bangsa yang terdapat di Papua; terdiri dari suku Asmat, Dani, dan Arfak.
  6. Suku bangsa yang terdapat di kepulauan Maluku: suku Ambon, Ternate, Obi, dan Aru.
  7. Suku bangsa yang terdapat di Kepulauan Nusa Tenggara: Suku Sasak dan Sumbawa di Nusa Tenggara Barat dan suku Atoni, Boti, Bunak, Manggarai, Kemak, Sika dan suku Sumba.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *