Metode Membuat Sketsa Lukisan Cat Minyak

  • Whatsapp
Biasakan membuat dua atau tiga sketsa awal lukisanmu. Buatlah pada buku sketsa atau pada kertas kosong menggunakan pensil 2B. Dengan cara seperti itu anda dapat menilai dan mempelajari serta merencanakan lukisan kalian. Namun, jika kamu membuat sketsa pada kertas sketsa atau papan kanvas, garis-garis sketsa pensil akan pudar karena larut dan mengaburkan lapisan cat awal yang kamu kuaskan pada permukaan lukisan.
Berikut ini metode membuat sketsa lukisan dengan cat minyak yang dipakai para pelukis untuk membuat sketsa lukisan.
Sketsa objek dengan arang tahap 1
Metode 1. Tahap 1
Sketsa objek dengan arang tahap 2
Metode 1. Tahap 2

Metode 1. Arang

Tahap pertama. Gunakan sebatang arang untuk membuat sketsa lukisanmu dengan menggambar objek secara jelas. Dengan menggunakan arang garis gambar akan tampak hitam tapi mudah pudar.
Tahap kedua. Gunakan kain yang lembut, halus, dan kering atau kemoceng usapkan pada permukaan sketsa lukisanmu. Arang yang rontok akan membuat sketsa lukisan terlihat pudar tanpa serbuk dan siap untuk dilukis.
Sketsa Halus Menggunakan Kuas Cat
Sketsa Halus Menggunakan Kuas Cat
Metode 2. Sketsa Halus Menggunakan Kuas Cat
Gunakan warna abu-abu muda atau coklat muda untuk membuat sketsa dengan kuas yang halus dan lancip (kuas bulu musang No. 3 atau No. 4). Gambarlah sketsa pada permukaan lukisan. Untuk pengguna cat minyak campurkan terpentin agar sketsa cepat kering.
Sketsa Dengan Permukaan Berwarna Muda
Sketsa Dengan Permukaan Berwarna Muda
Metode 3. Sketsa Dengan Permukaan Berwarna Muda
Tahan pertama. Beberapa pelukis membuat sketsa pada permukaan yang bersih itu cukup sulit dan lebih suka sesuatu yang tidak hanya sekedar putih. Mereka biasanya menggunakan warna muda seperti warna coklat muda, hijau muda, atau kuning cerah yang diberi pengencer warna cat minyak dan  terpentin agar cepat kering, kemudian warna tipis ini dikuaskan menggunakan kain atau kuas besar pada permukaan lukisan sebagai warna dasar.
Tahap kedua. Campuran warna yang sama tapi lebih tua digunakan untuk membuat sketsa lukis pada latar belakang warna tipis seperti pada gambar  metode 3.
Cobalah setiap metode yang saya berikan tadi, dan kamu akan menemukan metode terbaik yang cocok untuk kamu gunakan.
Demikianlah Metode Membuat Sketsa Lukisan cat minyak yang dapat kami berikan semoga dapat memberikan tambahan pengetahuan dan keahlian melukis kamu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *