Pengertian Seni dan Cabang Seni

  • Whatsapp
Pengertian-Seni-dan-Cabang-Seni

Pengertian Seni

Para ahli mendefinisikan pengertian seni secara berbeda-beda tetapi mengandung kesimpulan dan maksud yang sama. Beberapa ahli tersebut mendefinisikan pengertian seni diantaranya sebagai berikut.
Plato
Seni adalah peniruan terhadap alam, sehingga karya seni merupakan tiruan dari bentuk alam seperti manusia, hewan, dan tumbuhan.
Suzanne K. Langer
Seni adalah kegiatan penciptaan wujud-wujud yang merupakan simbol dari perasaan manusia.
Akhdiat K. Mihardja
Seni adalah Kegiatan rohani yang merefleksikan realitas dalam suatu karya yang dalam bentuk dan isinya memiliki daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohani penerimanya.
Ki Hajar Dewantara
Seni adalah perbuatan manusia yang timbul dari perasaannya dan bersifat indah, sehingga dapat menggerakkan jiwa perasaan manusia.
 
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Seni adalah: (1) halus, kecil dan halus, tipis dan halus, lembut dan enak didengar, mungil dan elok: (2) keahlian membuat karya yang bermutu; (3) Kesanggupan akal untuk menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi (luar biasa); orang yang berkesanggupan luar biasa.
Dari pendapat para ahli, maka dapat disimpulkan bahwa:
  • Seni merupakan kegiatan ekspresi rohani/ jiwa/gagasan/perasaan manusia.
  • Seni merupakan kemahiran/ keterampilan/kelakuan manusia yang luar biasa.
  • Seni merupakan karya yang memiliki nilai estetis.
  • Seni merupakan penciptaan yang menghasilkan sebuah karya.
  • Seni merupakan karya yang memiliki makna simbolik.
Dengan semikian dapat disimpulkan bahwa seni adalah gagasan manusia yang diekspresikan melalui pola kelakuan tertentu sehingga menghasilkan karya yang indah (estetis) dan bermakna.

Cabang Seni

Pembagian seni secara umum berdasarkan cara penikmatannya dibagi menjadi lima cabang seni, yaitu sebagai berikut:
1. Seni Rupa
Seni rupa adalah ungkapan gagasan atau perasaan yang estetis dan bermakna dan diwujudkan melalui media: titik. garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang yang ditata dengan prinsip-prinsip tertentu. Karya seni rupa dapat dinikmati dengan indera penglihatan (visual) dan peraba. Contoh: lukisan, patung, poster, spanduk, meja, kursi, seni grafis, kerajinan, dll.
2. Seni Musik
Seni musik adalah ungkapan gagasan atau perasaan yang estetis dan bermakna yang diwujudkan melalui media suara (manusia maupun alat) yang ditata dengan prinsip-prinsip tertentu. Karya seni musik dapat dinikmati  dengan indera pendengaran (audio).
3. Seni Tari
Seni tari adalah ungkapan gagasan atau perasaan yang estetis dan bermakna yang diwujudkan melalui media gerak tubuh manusia yang ditata dengan prinsip-prinsip tertentu. Karya seni tari dapat dinikmati dengan indera penglihatan dan indera pendengaran (Audiovisual).
4. Seni Teater
Ungakapn gagasan atau perasaan yang estetis dan bermakna melalui media; gerak, suara, dan rupa yang ditata dengan prinsip-prinsip tertentu. Seni teater dapat dinikmati dengan indera penglihatan dan pendengaran (Audiovisual).
5. Seni Sastra
Seni sastra adalah seni yang mengungkapkan pengalaman jiwa dan perasaan dalam bentuk bahasa, tulisan dan kalimat yang mengandung nilai estetik untuk mendapatkan kepuasan rohaniah. Bentuk karya sastra dapat berupa prosa (struktur bahasa bebas), puisi (struktur bahasa terikat/ berirama), dan drama (struktur bahasanya disusun dalam bentuk lakon atau cerita).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *