Peta Jawa Timur Lengkap Pembagian Wilayah Administrasinya

  • Whatsapp
Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang terdapat di Pulau Jawa. Provinsi ini meliputi bagian timur Pulau Jawa, Pulau Madura, dan beberapa pulau kecil di perairannya. Provinsi Jawa Timur terletak pada 5°37′-8°48′ LS dan antara 110°52′-144°42′ BT.

Sebagaimana Peta Jawa Timur yang kami ulas di bawah ini, provinsi ini berbatasan dengan wilayah Provinsi Jawa Tengah di sebelah barat. Di sebelah timur berbatasan dengan Selat Bali. Di sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa dan di sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Indonesia. Berikut ini Peta Wilayah Provinsi Jawa Timur.

gambar-peta-jawa-timur
Peta Wilayah Jawa Timur
Ibu kota Provinsi Jawa Timur adalah Surabaya. Luas wilayah Provinsi Jawa Timur sebesar 46.689,64 km2. Wilayah daratan terbagi atas kawasan hutan 12.529,59 km2, persawahan 12.034,46 km2, pertanian tanah kering 10.332,31 km2, permukiman 5858,83 km2, perkebunan 1842,26 km2, tanah tandus 1350,03 km2, tambak/kolam 732,40 km2, dan kebun campuran 913,26 km2. Selebihnya terdiri atas rawa, danau, padang rumput, dan lain-lain.

Jawa Timur memiliki 229 buah pulau yang terdiri atas 51 pulau berpenghuni dan 178 pulau tidak berpenghuni. Dari jumlah pulau tersebut, 162 pulau telah mempunyai nama dan 67 pulau tidak bernama. Pulau Madura merupakan pulau terbesar yang dimiliki Jawa Timur. Luas wilayah Kepulauan Madura sekitar 10% dari luas wilayah provinsi ini. Panjang pantai Jawa Timur sekitar 2833,85 km.

Sampai saat ini di Provinsi Jawa Timur sudah terbentuk 29 kabupaten dan 9 kota. Berikut disajikan tabel Pembagian Wilayah Administrasi kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Timur.

Pembagian-wilayah-administrasi-pemda-jatim
Sebagian besar wilayah Provinsi Jawa Timur menurut sistem klasifikasi iklim dari Schmidt dan Ferguson beriklim tipe D. Secara garis besar keadaan iklim di wilayah Provinsi Jawa Timur sebagai berikut.
1. Suhu udara: 15,2°C-34,2°C.
2. Kelembapan: 40-97%.
3. Curah hujan: 1.500-3.300 mm/th.
4. Kecepatan angin: 6-45 knot.

Wilayah Provinsi Jawa Timur memiliki berbagai bentuk kenampakan alam, dari keadaan datar, landai, bergelombang, sampai curam. Sebagian besar wilayah Jawa Timur merupakan daerah datar, yaitu 83% luas wilayah darat Jawa Timur. Daerah tersebut memiliki ketinggian 8-500 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Wilayah dengan kondisi berbukit dan bergunung-gunung seluas 1100 dari luas wilayah darat Jawa Timur. Daerah tersebut berketinggian 500-1.000 mdpl. Sementara sekitar 6% luas wilayah darat Jawa Timur merupakan daerah terjal. Secara umum wilayah dataran di Provinsi Jawa Timur terbagi atas empat subwilayah sebagai berikut.
a. Subwilayah Jawa Timur bagian utara, yaitu mulai dari Kabupaten Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik, sampai Pulau Madura. Wilayah ini merupakan dataran rendah. Semula keadaari tanahnya kurang subur, tetapi wilayah ini menjadi subur berkat adanya daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solo dan DAS Madura. Daerah ini memiliki tingkat kesuburan sedang.

b. Subwilayah Jawa Timur bagian tengah, yaitu mulai dari Kabupaten Ngawi, Nganjuk, Jombang, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi. Daerah ini merupakan datarari tinggi. Keadaan tanahnya subur. Oleh penduduk, wilayah ini dikembangkan sebagai lahan persawahan dan pertanian lairmya. Di wilayah ini terdapat DAS Madiun, DAS Brantas, dan DAS Sampean.

c. Subwilayah Jawa Timur bagian selatan, yaitu mulai dari Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan Malang bagian selatarl. Daerah ini merupakan daerah berbatu, tandus, kurang subur, dan belum begitu berkembang. Wilayah ini merupakan kelanjutan dari rangkaian Pegunungan Seribu, Yogyakarta.

d. Subwilayah kepulauan, yaitu mencakup 63 pulau kecil di wilayah Kabupaten Sumenep. Satu kepulauan lainnya termasuk dalam wilayah Kabupaten Sampang, Gresik, dan Probolinggo. Dari segi kemudahan hubungannya, daerah ini masih kurang dan belum berkembang.

Baca juga: Letak Geografis Indonesia Antara Dua Lautan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *