Teknik Mencampur Warna

  • Whatsapp
Mencampur warna sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan warna untuk melukis dan mewarnai namun hanya tersedia beberapa warna saja. Zat warna merupakan bahan kimia yang memiliki efek/ kesan warna yang bisa dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk menghasilkan warna yang bermacam-macam tersebut dapat kita hasilkan dengan mencampurkan warna dasar yaitu warna primer. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat bagan warna berikut ini.
Bagan Pencampuran Warna Primer

Mencampur Warna
Dalam mencampur warna sebaiknya kita ketahui dulu pembagian warna Primer, Sekunder, dan Tersier sambil kita praktekkan proses pembentukan warna tersebut. Pada bagan pertama menunjukkan WARNA PRIMER sebagai warna dasar, yaitu merah, biru, kuning. warna primer tersebut bila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk WARNA SEKUNDER, yaitu jingga, hijau, dan ungu muda. Selanjutnya dari ketiga ketiga warna sekunder dicampurkan satu dengan yang lain dapat membuat tiga WARNA TERSIER, yaitu cokelat tua, hijau pudar, dan cokelat muda. 
Bagan pembuatan warna hitam

Cara Membuat Warna Hitam
Bagan kedua menunjukkan cara pembuatan warna hitam. Warna hitam dapat dibuat dengan mencampurkan tiga warna primer merah, kuning dan biru. Untuk menggelapkan warna pada saat melukis dengan cat minyak atau cat air disarankan untuk tidak menggunakan cat warna hitam. Warna ini sering membuat pudar dan mematikan warna-warna, akhirnya menghilangkan kejelasan warna.
Roda warna komplementer

Roda Warna Komplementer
Komplementer sama artinya dengan kebalikan. Seperti warna hitam adalah kebalikan/ komplementer dari warna putih. Setiap warna memiliki warna kebalikannya. Pada gambar di atas dapat kalian lihat bagan Roda warna komplementer yang terdiri dari; hitam/ putih, kuning/ ungu muda, jingga/ biru, merah/ hijau.
Mencampurkan dua warna Komplementer atau warna kebalikan apapun dengan jumlah yang sama, maka akan menghasilkan warna abu-abu.
Bagan warna muda

Bagan Warna Muda
Membentuk warna muda dapat dilakukan seperti contoh pada bagan warna muda di atas. Kelompokkan warnamu seperti contoh pada bagan. Kuaskan warna tua dalam kotak pertama dan tiga kotak yang ada seperti contoh bagan, kemudian buatlah warna muda dengan memberi campuran warna putih secara bertahap. Untuk menghasilkan warna lebih muda selanjutnya buatlah dengan mencampurkan warna putih secara bertahap sesuai warna yang diinginkan.
Bagan warna hijau

Bagan Warna Hijau
Untuk membuat warna hijau muda dapat dilakukan dengan menyiapkan tiga warna biru, tiga warna kuning, dan putih. Dengan mencampurkan warna tersebut seperti pada bagan kamu dapat membuat bagan warna dengan 25 warna hijau, yang bertahap dari hijau terang sampai hijau tua. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan bagan warna hijau di atas.
Demikianlah uraian singkat Teknik Mencampur Warna, semoga dapam memberikan tambahan pengetahuan pembaca. Teruslah berkarya dan tingkatkan keahlian melukis dan mewarnai anda. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *