Teknik Sapuan Kuas Mewarnai dengan Cat Air

  • Whatsapp
Mewarnai dengan cat air bukanlah hal mudah. Karakter cat air yang transparan, tidak bisa ditutup dengan sapuan warna lain apabila terjadi kesalahan mewarnai merupakan sebuah tantangan dalam melukis dengan cat air. Untuk membantu anda dalam menggunakan cat air berikut ini akan kami ulas beberapa teknik sapuan kuas mewarnai dengan cat air.
Teknik Sapuan Kuas Mewarnai dengan Cat Air
Sapuan
Mencoba mempraktekkan sapuan kuas yang berbeda-beda pada kertas dengan cat air adalah ide yang bagus untuk mempelajari berbagai jenis dan teknik sapuan kuas yang bermacam-macam dan bagaimana mengaplikasikannya. Hal ini akan membantu mengetahui apakah lukisanmu sudah tampak segar dan jelas dengan efek transparan yang indah sebagaimana ciri lukisan cat air.
Sapuan Datar
Teknik sapuan datar hanyalah campuran air dan warna yang diaplikasikan dengan rata. Dengan sedikit warna biru campurkan dengan air pada palet gunakan kuas berujung bundar kemudian sapukan kuas sama panjang pada kertas. Biarkan sapuan kuas menimpa sapuan sebelumnya. Jangan menggosok atau sapuan bolak balik dengan kuas. 
Teknik Sapuan Kuas Cat Air
Sapuan Gradasi
Buatlah campuran warna biru pekat dengan air pada palet, menggunakan kuas berujung rata ukuran 13 mm. Sapukan warna biru dengan kuas dari kiri ke kanan, kemudian sapuan selanjutnya (langsung jangan menunggu kering) dibawah sapuan yang pertama tambahkan sedikit air ke dalam campuran tadi. Ulangi setiap langkah selanjutnya dengan menambah air.
Sapuan Keras dan Basah pada Cat Basah
Sapukan warna coklat pada permukaan kertas yang kering. Sapuan kuas tidak berubah warna setelah beberapa saat, ini disebut sapuan keras. Sapuan basah dapat dilakukan dengan membasahi kertas dengan sedikit air bersih, warna akan membaur dan menyebar sehingga disebut sapuan basah.
Eksperimen Sapuan Kuas
Gunakan kuas berujung bundar dan rata untuk bereksperimen menggunakan cat dan sedikit campuran air. Lakukan percobaan dengan teknik stippling, yaitu melukis titik-titik warna. Lakukan dengan menutulkan kuas lukis secara perlahan pada permukaan kertas, dan lihat hasil yang terbentuk. Percobaan selanjutnya lukiskan gradasi warna biru pada permukaan kertas, kemudian ambillah selembar tisu lembab, perlahan tekan bola tisu pada sapuan basah tadi. Lihat hasilnya seperti bentuk awan.
Untuk hasil yang lainnya lakukan percobaan dengan melakukan ekperimen menggunakan cat air dengan kuas dan alat yang lainnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *